-->
  • Jelajahi

    Copyright © SEHATWEB.COM | Informasi Kesehatan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    WHO Soroti Tren Kurangnya Aktivitas Fisik Orang Dewasa

    SEHATWEB.com
    Rabu, 26 Juni 2024, 23:31 WIB Last Updated 2024-06-26T16:31:27Z

    SEHAT WEBData baru menunjukkan bahwa hampir sepertiga (31%) orang dewasa di seluruh dunia, atau sekitar 1,8 miliar orang, tidak memenuhi tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan pada tahun 2022. 

    Temuan ini menunjukkan tren kurangnya aktivitas fisik yang mengkhawatirkan di kalangan orang dewasa, yang telah meningkat sekitar 5 poin persentase antara tahun 2010 dan 2022.

    Jika tren ini terus berlanjut, tingkat ketidak-aktifan fisik diproyeksikan akan meningkat menjadi 35% pada tahun 2030, dan dunia saat ini berada di luar jalur untuk memenuhi target global untuk mengurangi ketidak-aktifan fisik pada tahun 2030. 

    Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar orang dewasa memiliki 150 % aktivitas fisik, menit aktivitas fisik intensitas sedang, atau 75 menit aktivitas fisik intensitas tinggi, atau setara, per minggu. Kurangnya aktivitas fisik menempatkan orang dewasa pada risiko lebih besar terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke, diabetes tipe 2, demensia, dan kanker seperti payudara dan usus besar.

    Studi tersebut dilakukan oleh peneliti dari WHO bersama rekan akademisnya dan dipublikasikan di jurnal The Lancet Global Health.

    “Temuan baru ini menyoroti hilangnya peluang untuk mengurangi kanker dan penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan melalui peningkatan aktivitas fisik,” kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO. 

    “Kita harus memperbarui komitmen kita untuk meningkatkan aktivitas fisik dan memprioritaskan tindakan berani, termasuk memperkuat kebijakan dan meningkatkan pendanaan, untuk membalikkan tren yang mengkhawatirkan ini,” imbuhnya.

    Tingkat ketidak-aktifan fisik tertinggi terjadi di wilayah Asia Pasifik yang berpendapatan tinggi (48%) dan Asia Selatan (45%), dengan tingkat ketidak-aktifan fisik di wilayah lain berkisar antara 28% di negara-negara Barat yang berpendapatan tinggi hingga 14% di Oseania.

    Yang memprihatinkan adalah masih adanya kesenjangan antara gender dan usia. Kurangnya aktivitas fisik masih lebih umum terjadi di kalangan perempuan secara global dibandingkan laki-laki, dengan tingkat ketidak-aktifan sebesar 34% berbanding 29%. 

    Di beberapa negara, perbedaannya mencapai 20 poin persentase. Selain itu, orang berusia di atas 60 tahun kurang aktif dibandingkan orang dewasa lainnya, sehingga menggarisbawahi pentingnya mendorong aktivitas fisik bagi orang lanjut usia.

    “Kekurangan aktivitas fisik merupakan ancaman diam-diam terhadap kesehatan global, dan berkontribusi signifikan terhadap beban penyakit kronis,” kata Dr Rüdiger Krech, Direktur Promosi Kesehatan di WHO. 

    “Kita perlu menemukan cara inovatif untuk memotivasi masyarakat agar lebih aktif, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti usia, lingkungan, dan latar belakang budaya. Dengan membuat aktivitas fisik dapat diakses, terjangkau, dan menyenangkan bagi semua orang, kita dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit tidak menular dan menciptakan populasi yang lebih sehat dan produktif,” ujarnya.

    Meskipun hasilnya mengkhawatirkan, terdapat beberapa tanda perbaikan di beberapa negara. Studi tersebut menunjukkan bahwa hampir separuh negara di dunia telah mengalami perbaikan selama dekade terakhir, dan 22 negara diidentifikasi memiliki kemungkinan mencapai target global untuk mengurangi ketidakaktifan sebesar 15% pada tahun 2030, jika trennya terus berlanjut pada kecepatan yang sama.

    Sehubungan dengan temuan ini, WHO menyerukan negara-negara untuk memperkuat implementasi kebijakan mereka untuk mempromosikan dan memungkinkan aktivitas fisik melalui olahraga akar rumput dan komunitas serta rekreasi dan transportasi aktif (berjalan kaki, bersepeda, dan penggunaan transportasi umum), di antara langkah-langkah lainnya.

    “Temuan baru ini menyoroti hilangnya peluang untuk mengurangi kanker dan penyakit jantung, serta meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan melalui peningkatan aktivitas fisik,” kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO. 

    “Kita harus memperbarui komitmen kita untuk meningkatkan aktivitas fisik dan memprioritaskan tindakan berani, termasuk memperkuat kebijakan dan meningkatkan pendanaan, untuk membalikkan tren yang mengkhawatirkan ini,” urai Tedros.

    “Mempromosikan aktivitas fisik lebih dari sekedar mempromosikan pilihan gaya hidup individu – hal ini memerlukan pendekatan seluruh masyarakat dan menciptakan lingkungan yang memudahkan dan aman bagi semua orang untuk menjadi lebih aktif dengan cara yang mereka sukai untuk mendapatkan banyak manfaat kesehatan dari aktivitas fisik secara teratur. ,” kata Dr Fiona Bull, Kepala Unit Aktivitas Fisik WHO.

    Upaya kolektif yang didasarkan pada kemitraan antara pemerintah dan pemangku kepentingan non-pemerintah serta peningkatan investasi dalam pendekatan inovatif akan diperlukan untuk menjangkau kelompok masyarakat yang kurang aktif dan untuk mengurangi kesenjangan dalam akses terhadap langkah-langkah yang mendorong dan meningkatkan aktivitas fisik. (Umi)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    INFO SEHAT

    +