-->
  • Jelajahi

    Copyright © SEHATWEB.COM | Informasi Kesehatan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Ahli Patologi: Meditasi, Mindfulness Dapat Mengurangi Stres

    SEHATWEB.com
    Sabtu, 08 Juni 2024, 10:40 WIB Last Updated 2024-06-08T03:43:38Z

    SEHAT WEB ■ Dalam penelitian terbaru, hubungan antara skor CRI, kognisi, dan biomarker untuk penyakit Alzheimer pada 113 peserta dari klinik memori di Rumah Sakit Universitas Karolinska diperiksa bersamaan dengan tingkat stres yang dirasakan dalam kombinasi dengan biomarker untuk stres psikologis, yaitu kadar kortisol dalam air liur. 

    Studi tersebut menyimpulkan bahwa meskipun skor CRI yang lebih tinggi dikaitkan dengan kognisi yang lebih baik, penyesuaian terhadap pengukuran kortisol mengurangi hubungan yang menguntungkan ini.

    Skor CRI yang lebih tinggi juga dikaitkan dengan memori kerja yang lebih baik pada individu dengan tingkat kortisol yang lebih sehat, namun tidak pada individu dengan tingkat kortisol yang menunjukkan tingkat stres psikologis yang tinggi.

    Logan DuBose, seorang dokter residen di Universitas George Washington di Washington, D.C., dan chief operating officer di perusahaan perawatan lansia Olera yang tidak terlibat dalam penelitian baru ini, mengatakan kepada Medical News Today bahwa “stres kronis, yang dapat menyebabkan disebabkan oleh berbagai faktor termasuk tanggung jawab pengasuhan, dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol. Hal ini dapat merusak hipokampus – pusat otak yang berhubungan dengan pembentukan memori – dan meniadakan manfaat cadangan kognitif dan neuroplastisitas, sehingga berpotensi memperburuk gejala demensia.”

    Meditasi, mindfulness dapat mengurangi stres

    Pekerjaan kompleks seperti pilot, profesional medis, atau analis keuangan mungkin membantu membangun cadangan kognitif, kata Irv Seldin, pemilik dan CEO perusahaan perawatan lansia Visiting Angels, ”tetapi tingginya tingkat stres yang terus-menerus dari profesi ini dapat juga menyebabkan peningkatan kadar kortisol… yang dapat berimplikasi pada peningkatan risiko demensia.”

    “Untuk menjaga fungsi kognitif yang sehat, orang-orang dengan profesi yang rumit ini harus mempertahankan strategi manajemen stres seperti meditasi, latihan fisik atau terapi untuk mengurangi risiko penurunan kognitif lebih lanjut,” kata Seldin, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut. 

    “Pengurangan stres adalah pendekatan yang terkenal dalam pengelolaan gejala dan perilaku yang terkait dengan penyakit Alzheimer. Kami mengajari perawat kami untuk menciptakan lingkungan yang tenang dan tenteram agar klien kami tetap tenang,” imbuhnya.

    “Melakukan aktivitas yang merangsang mental dapat membantu memperkuat jalur saraf dan meningkatkan daya ingat, pemecahan masalah, dan keterampilan komunikasi pada orang dengan penurunan kognitif,” tambah Angela Morrell, ahli patologi wicara-bahasa di Rumah Sakit Universitas Georgetown. 

    “Misalnya, aktivitas berbasis bahasa seperti bercerita, permainan kata, atau diskusi tentang peristiwa terkini dapat menjadi alat yang hebat… untuk digunakan bersama pasien klinik memori.”

    “Dampak stres terhadap kognisi penting untuk dipertimbangkan,” Morrell, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan kepada Medical News Today. 

    “Stres kronis dapat berdampak negatif pada ingatan dan komunikasi pada penderita demensia. Sebagai ahli patologi bahasa wicara, kita sering memasukkan teknik manajemen stres ke dalam rencana terapi kita, seperti latihan relaksasi atau praktik mindfulness. Selain itu, memahami cara terbaik mengelola stres bersamaan dengan program stimulasi kognitif akan sangat berharga… dalam menciptakan rencana perawatan yang dipersonalisasi dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup penderita demensia.”

    Studi baru ini dibatasi oleh ukuran sampel yang kecil dan fakta bahwa kurang tidur – yang diketahui mengganggu kognisi – tidak dikontrol secara menyeluruh selain untuk memastikan apakah peserta mengonsumsi obat tidur. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    INFO SEHAT

    +